Wednesday, October 28, 2015

Project #14 - Buried Alive

Kisah Nyata tentang Musibah Tambang Chili dan Penyelamatan Luar Biasa di Camp Hope


Sampul cetak "Buried Alive" (Sumber: Elexmedia Komputindo)

BURIED ALIVE


MANUEL PINO TORO

PRAKATA OLEH NATALIE MORALES,
PENYIAR PENDAMPING DI NBC’S TODAY


“Barangkali kita tidak pernah menerima laporan lengkap atau wawasan sebenarnya tentang apa yang terjadi di Gurun Atacama di Tambang San José, namun Buried Alive, ditulis oleh wartawan ternama di Cile, Manuel Pino Toro, menguraikan tulisan lengkap dan akurat tentang bagaimana kisah itu terekspos, serta tiga puluh tiga penambang yang berperan sangat penting dalam mempertahankan hidup dan keselamatan mereka. Toro mengungkapkan bagaimana keajaiban telah terjadi dan membawa para pembaca menjelajahi perjalanan menakjubkan dan peristiwa luar biasa. Inilah kisah yang membuat kita tidak akan pernah puas, apalagi Toro memiliki perspektif unik sebagai salah satu wartawan kondang di Cile.”
– Kutipan dari Prakata NATALIE MORALES, penyiar pendamping di NBC’s Today


TANGGAL 5 AGUSTUS 2010, terowongan tambang emas dan tembaga di Gurun Atacama di Cile runtuh, 33 penambang terjebak di bawah tanah. Selama berhari-hari, semua keluarga korban menunggu dengan cemas ketika dentuman mesin bor mencari tanda-tanda kehidupan. Akhirnya, informasi muncul dari bawah – para penambang masih hidup dan lolos dari maut. Terowongan sempit dibor, berfungsi sebagai saluran penghubung bahan makanan, obat-obatan, dan berbagai bantuan yang diperlukan. Kini regu penolong harus mengebor batu karang setebal 2.300 kaki dan menaikkan semua penambang ke permukaan dengan selamat – tindakan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.
Selama beberapa minggu setelah musibah, tenaga-tenaga ahli dari seluruh dunia berjuang keras siang malam demi menyelamatkan mereka. Para psikolog berkumpul di tempat itu membantu membangkitkan semangat para penambang di bawah. Tim insinyur – dari Amerika Serikat, Great Britain, dan Cile – dengan kecepatan tinggi, merancang dan menciptakan teknologi baru yang mampu menembus batu karang kokoh.
Tak lama setelah musibah, Camp Hope benar-benar berubah menjadi sebuah kota, simbol survival bagi semua yang terlibat di dalamnya. Di tempat itu, di sekitar api unggun, semua keluarga korban berbagi kisah, perjuangan, dan harapan tentang masa depan mereka dengan orang-orang tercinta yang terjebak di bawah. Penduduk setempat berkerumun di sekitar kamp sebagai bentuk solidaritas penuh, membagikan makanan, pelayanan utama, bahkan menara telepon selular, semuanya secara cuma-cuma. Ketika kapsul menaikkan penambang pertama ke permukaan, dia mendapat sambutan meriah dari Camp Hope, dan keajaiban itu terekam lewat layar televisi di seluruh dunia.
Inilah kisah nyata tentang para penambang yang berhasil bertahan hidup lebih dari satu mil di bawah tanah selama 69 hari, juga penduduk Cile dan seluruh dunia, tak terhitung jumlahnya, turun tangan menolong mereka. Presiden Cile Sebastián Piňera mengubah operasi penyelamatan menjadi perjuangannya sendiri. Berdasarkan wawancara khusus dengan anggota-anggota keluarga korban, regu penolong, dan para politisi yang terlibat, penulis Manuel Pino Toro menjalin sebuah kisah tak terlupakan tentang upaya luar biasa, kepercayaan, dan inovasi hebat yang diperlukan demi menyelamatkan para korban selamat. Inilah kisah luar biasa tentang sebuah musibah dan bagaimana kisah ini berakhir dengan kesimpulan spektakuler.

Wartawan Cile Manule Pino Toro adalah salah satu dari beberapa reporter pertama di lokasi kejadian, yang mewawancarai keluarga-keluarga korban di Camp Hope. Pino juga bekerja sebagai editor di bagian Latin America and World La Opinion di Los Angeles, California, surat kabar berbahasa Spanyol yang paling terkenal dan berpengaruh besar di Amerika Serikat. Dia juga menjadi kontributor di Radio Francia International, jaringan televisi ATEI di Spanyol, dan Noticias Culturales Iberoamericanas.   


No comments

Post a Comment

© Sojourners Rendezvous
Maira Gall