Friday, March 8, 2013

Project #5 ….and a hard rain fell



….and a hard rain fell


Sampul orisinial "...and a hard rain fell" 
“Sebelumnya aku tidak pernah berniat menulis buku. Saat itu tahun 1982, empat belas tahun setelah terakhir kali aku menginjakkan kaki di Vietnam, dan tiga belas tahun setelah aku kembali ke ‘Dunia’. Mimpi-mimpi buruk lebih sering menghantui. Aku harus mampu mengungkapkan Vietnam secara terang-terangan, tapi sulit sekali membicarakannya. Bahkan setelah bertahun-tahun lamanya.”

Riwayat hidup John Ketwig pada waktu perang Vietnam adalah sebuah kisah yang sangat berkesan tentang petualangan seorang anak muda dari jalanan pedesaan di bagian utara New York menuju ke hutan Vietnam. Ini merupakan kontras dari pergolakan budaya dan realitas perang yang tidak mengenal belas kasihan, mulai dari filosofi rock and roll dan Beatlemania hingga pemandangan seorang anak kecil yang dibakar oleh bom napalm – bahan kimia untuk membuat bensin beku untuk mengisi bom yang dapat membakar daerah yang luas dan mematikan semua tumbuhan – .... and a hard rain fell (dan hujan lebat pun turun) adalah kisah yang tak terlupakan tentang amarah seorang veteran terhadap negerinya. Dengan komentar terkini sang penulis mengenai perang Irak dan perlakuan pemerintah terhadap para veteran di masa sekarang, kisah ini sangat relevan pada hari ini seperti juga 20 tahun yang lalu.

                                                                                                                                              Pujian untuk ….and a hard rain fell
dan hujan lebat pun turun

“Barangkali masa-masa mencekam di Vietnam yang menggugah ingatan itu sedahsyat cerita fiksi yang hebat. Ketwig benci tentara, dan kebenciannya pada maksud dan tujuan mereka menghasilkan kisah terbaik yang liar dan mengungkapkan apa yang terjadi dalam impian dan alam bawah sadarnya, sehebat tulisan kelam Celine tentang Perang Dunia I.”
Washington Post

Diterbitkan oleh: PT. Elex Media Komputindo

No comments

Post a Comment

© Sojourners Rendezvous
Maira Gall